DWQA QuestionsCategory: QuestionsPernikahan tanpa wali nasab utk mempelai wanita
Taufiek Dharviandi asked 2 weeks ago

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh
Ustadz, mhn pencerahannya, sy telah bercerai dgn istri dan dari penikahan tsb kami dikaruniai 3 orang anak perempuan. Perceraian tsb membawa konflik yg berkepanjangan s/d saat ini. Salah satu akibat konflik ini sy tidak dapat menghubungi anak saya dan ibunya juga menutup semua informasi ttg anak2 kpd saya.
Pd suatu ketika anak perempuan kami yg pertama menikah tetapi ibunya tdk memberitahukan pernikahannya tsb kpd sy sbg ayah kandungnya. Begitu pula dgn menantu, besan dan seluruh saudara2 dari mantan istri saya tidak ada yg memberitahukan pernikahan tsb. Sedangkan alamat kantor saya (mantan istri dan anak kami pernah mendatangi kantor saya), no hp saya tidak berubah dan alamat rumah orang tua saya diketahui dgn jelas oleh mantan istri dan anak2 saya. 
(Sebagai informasi, saat ini saya masih memiliki Ayah dan Ibu kandung yg masih hidup dan 1 orang adik kandung laki2).
Dari pernikahan anak perempuan kami tsb telah dikaruniai seorang anak (cucu saya yg pertama) dan dikarenakan sakit anak perempuan kami tsb meninggal dunia sebulan setelah melahirkan.
Pertanyaan kami ustadz :
1. Bgmn hukumnya jk anak kami ini dinikahkan bukan oleh wali nasabnya? Pdhl ibunya, sodara2nya dan calon penganten laki2 mengetahui keberadaan ayah kandungnya tetapi tidak memberitahukan pernikahannya tsb?
2. Saya sbg ayah kandungnya baru mengetahui semua kejadian-kejadian tsb diinformasikan kpd saya pada saat wafatnya anak perempuan kami tsb.
3. Bgmn upaya saya sbg ayah kandungnya utk menyempurnakan pelaksanaan rukun pernikahan tsb? Apa yg hrs saya lakukan dgn kondisi anak perempuan saya sdh meninggal?
Mohon penjelasan dan pencerahannya ya ustadz.
Terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabakatuh