DWQA QuestionsCategory: QuestionsApakah halal atau haram yang saja jual
Adnan Nugraha asked 3 months ago

Assalamualaikum wr. wb.
Selamat sore tim MUI Jabar, saya Adnan Nugraha dari Balikpapan. Ijin bertanya mengenai peraturan dari sebuah kota di Indonesia mengenai jam buka rumah makan. Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 tahun 2010 di kota disebutkan Restoran, Warung Nasi, maupun Kafe sejenisnya dilarang menyediakan makanan pada waktu siang hari (yang ditentukan) pada bulan puasa. Oya, peraturan tersebut katanya sudah disetujui juga oleh MUI.Saya merasa lucu, apakah agama yang saya anut ini begitu “tolerannya” sehingga warung makan harus ditutup pada waktu siang hari. Apakah umat muslim sendiri merasa terganggu dengan rumah makan yang buka? saya rasa tidak. Apakah dengan warung makan buka umat muslim tidak melaksanakan puasa? Saya rasa tidak. Lantas pertimbangan agamis seperti apa yang mendasari aturan yang sangat toleran ini? Bahkan warung buka yang sudah menutupi dengan tiraipun tidak boleh. Saya merasa peraturan ini zalim.. mewajibkan tutup-memberikan sangsi-menyita peralatan memasak dsbnya

Pertanyaan saya
1. Jika saya adalah penjual makanan yang sengaja melanggar peraturan pemerintah dengan berjualan makanan pada siang hari, saya menjualnya kepada ibu hamil, ibu ibu yang berhalangan, anak kecil yang belum berkewajiban, orang yang sedang sakit apakah penghasilan saya halal atau haram ya tim MUI Jabar?

2. Apakah dalam agama Islam, dalam Al-quran-Hadits-Ijma-Qiyas tersebut didalamnya baik secara implisit maupun eksplisit larangan berjualan makanan pada siang hari di bulan puasa? 

Demikian pertanyaan yang saya ajukan-smoga mendapat jawaban yang dapat menghilangkan gelisah saya…
Jazakallah Khairan