Jemaah Haji RI yang Wafat dan Sakit Bertambah, Ini Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai Jemaah

Jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi bertambah satu. Bangun Lubis Wahid, jemaah kloter empat Embarkasi Padang (PDG 4) wafat di Madinah, Jumat, 10 Juni 2022.

“Jemaah wafat bertambah 1 orang atas nama Bangun Lubis Wahid, laki-laki, 59 tahun, nomor paspor C544 6705, kloter PDG 4 asal Embarkasi Padang,” kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Akhmad Fauzin, saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu 11 Juni 2022.

Sebelumnya, pada 9 Juni 2022, ada satu jemaah haji Indonesia yang wafat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Almarhumah adalah Suharti Rahmat Ali Binti H Rahmat, jemaah kloter 1 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 1). “Sehingga per hari ini jumlah jemaah yang wafat sebanyak 2 orang,” ujar Fauzin, panggilan akrabnya seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.

Selain itu, lanjut Fauzin, sampai dengan hari keenam keberangkatan, ada 15 jemaah haji Indonesia yang sakit dan dirawat. Sebanyak 13 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dan 2 orang dirawat di RSAS Madinah.

Mengenai penyebab banyak jemaah sakit, Akhmad Fauzin juga kembali mengingatkan jemaah tentang panasnya cuaca di Arab Saudi. Sampai saat ini, suhu tertinggi mencapai 46’C dan suhu terendah 29’C pada dini hari. Untuk itu, jemaah haji Indonesia diimbau membatasi aktivitas di luar ruangan.

“Apabila jemaah haji keluar ruangan agar melengkapi alat pelindung diri dan memakai alas kaki. Jangan menunggu haus untuk minum, mengonsumsi vitamin, dan menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu serta dan istirahat yang cukup,” pesan Ahmad Fauzin.

Untuk memudahkan jemaah dan masyarakat dalam mengupdate informasi, sekaligus mendekatkan layanan, pemerintah telah menyediakan layanan WA Center di nomor +966 503 5000 17.

Nomor ini juga sudah terpampang di setiap akomodasi atau hotel Jemaah Haji Indonesia dan beberapa titik di Makkah dan Madinah.*** (sumber:kemenag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *