BI-MUI Jawa Barat : Silaturahmi Ulama se-Jawa Barat Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bandung 23 Mei 2017 untuk keempat kalinya Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Jabar bersama MUI Prov. Jawa Barat menggelar silaturahim ulama se-Jabar, sehubungan dengan persiapan menghadapi datangnya bulan suci ramadhan 1438 H.

Menurut Sekretaris Umum MUI Prov Jabar, “Kenapa pertemuan ini dikaitkan dengan Ramadhan, karena sudah menjadi fenomena umum bahwa pada bulan ramadhan, tingkat konsumsi masyarakat menjadi bertambah yang juga mengakibatkan terjadinya inflasi, tentu saja hal ini sangat tidak mendukung terhadap stabilitas ekonomi. Karena pelaksanaan ibadah bulan rmadhan berkaitan dengan perintah agama, maka pihak BI merasa tepat apabila melibatkan para ulama agar dapat mengajak masyarakat yang berpuasa untuk tidak terlalu konsumtif. para ulama lah yang dianggap mampu mendekati masyarakat tadi dengan berbagai pendekatan dari mulai ceramah, pengajian, khutbah jumat dan lain-lain. agar dapat dimanfaatkan untuk mensosialisasikan pentingnya untuk tidak konsumtif selama menjalankan ibadah puasa”.

Kali ini acara digelar di lantai 2 Masjid Raya Bandung Jawa Barat (masjid agung) alun-alun Kota Bandung, Selasa (23/5). Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Wiwiek Sisto Wadiat mengatakan, para ulama berperan penting dalam mengendalikan inflasi.

“Karena para ulama yang paling dekat dengan masyarakat, maka diharapkan bisa menyampaikan dalam ceramahnya agar masyarakat tidak berlebihan dalam berkonsumsi selama puasa dan lebaran nanti. Karena inflasi dipengaruhi oleh budaya konsumsi masyarakat” ujarnya.

Selain itu Wiwiek juga mengatakan BI sangat berkepentingan dalam hal inflasi, karena BI Jabar adalah anggota dari Forum Koordinasi Pengendali Inflasi (FKPI) yag turut berupaya mengendalikan inflasi daerah.

“Oleh karena itu kita memohon dengan sangat pada para ulama untuk memberi pemahaman pada masyarakat tentang budaya konsumsi terutama selama puasa dan lebaran. Kita tidak bisa bekerja sendiri, karena inflasi pada ahirnya berpulang pada budaya konsumsi masyarakat sendiri” katanya.

Forum Silaturahmi Ulama se-Jabar dihadiri MUI Jabar, Kadis Indag Jabar dan penceramah Athian Ali Da’i.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *